Home / Artikel / Reng Tua Malam, Hantu Menakutkan Tapi Malah Diburu oleh Masyarakat Madura

Reng Tua Malam, Hantu Menakutkan Tapi Malah Diburu oleh Masyarakat Madura

Membahas pulau Madura, yang pertama kali muncul di benak kita barangkali adalah sate dan juga logatnya yang khas. Dua hal tersebut memang begitu identik dengan si tanah karapan sapi itu. Tapi, sebenarnya masih ada beberapa hal yang dikenal dari Madura, seperti mitos dan juga legenda yang beredar di kalangan masyarakat.

Sebut saja Sumenep yang dipercaya merupakan daerah penting yang menjadi awal terbentuknya nusantara. Setidaknya, ada sekitar 30 raja yang yang menduduki kerajaan Sumenep. Dari kisah-kisah legendaris tersebut, juga diiringi dengan munculnya mitos dan juga kisah-kisah mistis. Salah satu hantu yang begitu khas daerah Madura yakni Reng Tua Malem. Lantas, seperti apakah hantu tersebut?

Sosok Reng Tua Malem

Sebenarnya, istilah Reng Tua Malem sendiri tidak dikhususkan untuk hantu saja. Reng Tua Malem adalah bahasa daerah Madura yang jika diartikan memiliki makna Orang Tua Malam. Konon, nama tersebut diambil dari ciri sosok pria tua yang memakai kopiah dan juga baju adat khas Madura.

ilustrasi [Image Source]

Di mulutnya, terselip sebatang rokok yang menyala. Mitosnya, sosok tersebut hanya berupa bayangan hitam atau bisa disebut siluet dengan nyala api menyerupai rokok di mulutnya.

Konon Bagian dari Pesugihan dan Ilmu Hitam

Menurut berbagai sumber, Reng Tua Malem mitosnya adalah bentuk dari praktek ilmu hitam yang dilakukan oleh masyarakat. Setidaknya, ada dua versi pandangan yang berbeda. Yang pertama berpendapat bahwa Reng Tua Malem adalah sosok dari seorang yang memiliki ilmu hitam yang berubah wujud ketika masuk waktu malam.

bayangan [image source]

Dipercaya jika Reng Tua Malem ini juga mencari tumbal saat ia berkeliling. Sementara sumber kedua mengatakan jika Reng Tua Malem adalah esensi ilmu hitam, namun tak lagi diinginkan oleh sang majikan. Ia pun dibuang dan keluyuran di jalan-jalan untuk menemukan majikannya.

Mitosnya, Reng Tua Malem Bisa Memberi Kesaktian

Mesti bergelar hantu yang menyeramkan, akan wajar jika hantu tersebut banyak ditakuti. Namun anehnya banyak sekali masyarakat Madura yang justru tertarik untuk bertemu dengan  mencari sosok hantu Reng Tua Malem.

ilustrasi [Image Source]

Hal tersebut dikarenakan legenda yang beredar tentang kesaktian sosok Reng Tua Malem. Konon, sosok tersebut bukanlah hantu biasa. Ia juga bisa memberikan kesaktian mandraguna bagi siapa saja yang mampu memegang rokok yang dihisap oleh sosok tersebut.

Hingga saat ini, barangkali begitu sulit untuk menemukan sosok Reng Tua Melem. Pada dasarnya, makhluk sejenis hantu justru sulit ditemui jika dicari. Terbukti, hingga saat ini belum ada warga Madura yang terekspos mendapatkan kasaktian dari Reng Tua Malem. Atau sebenarnya sosok tersebut hanya buah bibir saja. Tak ada yang tahu pasti kebenaran tersebut.

Facebook Comments

About @beritasantri

Check Also

Abu Ibrahim Woyla, Wali yang dihormati Gus Dur

Sebagai tokoh yang dihormati dan dikagumi banyak orang, rumah Gus Dur tak pernah sepi dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *