Dikubur 8 Tahun, Jenazah Cucu Pahlawan Nasional dan Pendiri NU Tetap Utuh

JOMBANG – Kondisi jenazah KH Chasbulloh, cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Wahab Chasbulloh, yang masih utuh meski telah delapan tahun dimakamkan. Sontak peristiwa ini pun mengejutkan publik dan membuat takjub hingga viral.

Keajaiban itu baru diketahui saat keluarga membongkar makam untuk memindahkan jenazahnya dari Jakarta ke Jombang pada 13 Juli silam. Ketika diangkat untuk dipindahkan, kondisinya masih masih utuh dan baik.

KH Mohamad Hasib Wahab (73) yang merupakan paman almarhum mengatakan, keponakannya tersebut (KH Chasbulloh) wafat pada tahun 2011 di usia 63 tahun. Saat itu, almarhum tinggal di Jakarta sehingga keluarga langsung memakamkannya di sana.

Dia yang baru bisa melayat tujuh hari berikutnya memberitahu kepada pihak keluarga, semasa hidup almarhum pernah berpesan meminta dimakamkan di Jombang bersama kakeknya KH Wahab Chasbulloh (Pendiri NU sekaligus Pahlawan Nasional).

Karena kesibukan seluruh anggota keluarga, jenazah almarhum baru bisa dipindahkan dari Jakarta ke Jombang pada 14 Juli 2019. Saat pembongkaran makam, seluruh anggota keluarga dibuat terkejut karena jenazah almarhum yang sudah delapan tahun dimakamkan ini kondisinya masih utuh terbungkus kulit.

“Cerita dari istri, keluarga dan yang membawa jenazah dari Jakarta. Ketika digali dan diangkat jenazah, posisi kain kafan masih utuh padahal sudah delapan tahun dimakamkan. Tulang-tulang semuanya juga tidak terpisah-pisah, masih tersambung,” ujar KH Mohamad Hasib Wahab, Jumat (19/7/2019).

Dia mengungkapkan, almarhum kurang lebih setahun sebelum meninggal selalu menjaga wudlu dan semasa hidup gemar berbuat baik pada sesama. Atas hal ini, Pengasuh Pondok Pesantren Tambak Beras tersebut mengajak masyarakat meneladani almarhum.

“Ini kebesaran Allah, jenazah bisa dikatakan masih utuh antara kepala dan badan tidak terpisah-pisah,” katanya.

Facebook Comments

About @beritasantri

Check Also

Sudah Suntik Meningitis dan Beli Oleh-oleh Haji, Pasutri Calhaj Yang Sudah Menunggu 10 Tahun Ini Gagal Naik Haji Sampai 2 Kali

Menteri Agama Fachrul Razi resmi mengumumkan pembatalan pemberangkatan jamaah calon haji (calhaj) ke tanah suci …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *